Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk Semester Ganjil Kelas XII IPA SMA

Penulis

  • Khairil Arif Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/semesta/vol3-iss1/96

Abstrak

Praktikum merupakan salah satu metode yang sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran kimia kerena memberi peluang lebih besar kepada siswa untuk melatih daya nalar, berpikir rasional, menerapkan sikap dan metode ilmiah dalam usaha mencari kebenaran atau bukti dari suatu teori yang dipelajarinya. Selain itu kegiatan praktikum dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menggunakan berbagai sumber data untuk menjawab keingintahuannya terhadap fenomena yang terjadi, mencatat data secara sistematis dan menyimpulkan hasilnya. Agar proses praktikum dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan penuntun praktikum. Penuntun praktikum dapat digunakan oleh guru untuk mempermudah penyampaian rencana kegiatan praktikum, dan bagi siswa penuntun praktikum dapat digunakan sebagai panduan dalam  melaksanakan  kegiatan  praktikum yang sistematis. Penggunaan penuntun praktikum berbasis green chemistry bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum, mengarahkan siswa dalam menerapkan metoda ilmiah dalam menemukan konsep keilmuan dan mengurangi dampak negative yang ditimbulkan selama pelaksanaan praktikum.

Diterbitkan

2020-06-20

Cara Mengutip

Arif, K. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk Semester Ganjil Kelas XII IPA SMA. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.24036/semesta/vol3-iss1/96

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama