Analisis Kebutuhan Kurikulum dalam Pengembangan Bahan Ajar Fisika Termal Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill
DOI:
https://doi.org/10.24036/semesta/vol1-iss2/33Keywords:
Bahan Ajar Terpadu, High Order Thinking SkillsAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tujuan yakni menganalisis kebutuhan kurikulum dalam pengembangan bahan ajar fisika termal terpadu berbasis high order thinking . Kurikulum dianalisis berdasarkan kurikulum jurusan pendidika IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Metode penelitian yang dilakukan adalah analisis deskripsi. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa pada kurikulum jurusan pendidikan IPA, membutuhkan bahan ajar fisika termal terpadu, hal tersebut dikarenakan jurusan IPA merupakan jurusan baru yang memiliki tujuan untuk menghasilkan guru IPA yang dapat menguasai pembelajaran IPA secara terpadu, sehingga pembelajaran fisika termal haruslah disajikan secara terpadu diamana tidak hanya berat kepada konten fisika saja, namun memadukan konten biologi dan kimia. Pada bahan ajar juga diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi, agar mahasiswa terbiasa membahas soal dan memiliki pola pikir tingkat tinggi.