Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA dalam Perkuliahan Dasar-dasar Biofisika
DOI:
https://doi.org/10.24036/semesta/vol2-iss2/70Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan minat belajar mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNP dalam perkuliahan Dasar-Dasar Biofisika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Biofisika. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup sebanyak 20 item dengan 4 alternatif jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa dalam perkuliahan Dasar-Dasar Biofisika berada pada kategori tinggi. Terdapat 4 indikator minat belajar yang dianalisis yaitu rasa senang, ketertarikan, penerimaan materi, dan keterlibatan. Indikator rasa senang merupakan indikator minat belajar dengan skor tertinggi, sedangkan indikator penerimaan materi merupakan indikator minat belajar dengan skor terendah. Walaupun demikian minat belajar mahasiswa pada keempat indikator berada pada kategori tinggi.