Pembuatan Kit Penyaringan Air Sederhana Bagi Siswa SMP Kota Padang Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Ketersediaan Air Bersih Bagi Masyarakat

Penulis

  • Monica Prima Sari Universitas Negeri Padang
  • Arief Muttaqiin Jurusan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Padang
  • Rahmah Evita Putri
  • Rani Oktavia

DOI:

https://doi.org/10.24036/semesta/vol2-iss2/53

Abstrak

Salah satu tujuan dari pembelajaran IPA adalah untuk mengenali gejala alam agar dapat hidup berdampingan dengan alam tanpa kendala berarti. Krisis air bersih adalah salah satu tanda bahwa ada ketidakcocokan antara gaya hidup manusia dengan kondisi alam. Bererapa daerah di Indonesia telah mulai mengalami krisis air bersih, akibat musim kemarau yang berlangsung lama. Meski Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi laut, dampak perubahan iklim dan bencana kebakaran hutan dan lahan yang meningkat dalam lima tahun terakhir turut menjadi faktor dibalik krisis air bersih. Khusus untuk wilayah kota Padang, sebagai salah satu wilayah yang rentan terhadap bencana gempa, banjir, dan tsunami, pengetahuan dan keterampilan untuk mengatasi masalah air bersih merupakan keharusan untuk dimiliki setiap warga. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu cara memperoleh air bersih dengan membuat kit penyaringan air konvensional menggunakan alat dan bahan yang murah dan mudah diperoleh di sekitar lingkungan tempat tinggal. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta lebih siap menghadapi berbagai situasi dimana air bersih sulit didapat dan mampu menerapkan keterampilan yang diperoleh untuk membantu masyarakat di lingkungan sekitar. Selain itu, melalui pelatihan ini juga diharapkan kesadaran peserta akan pentingnya menjaga kualitas air melalui mencgah terjadinya pencemaran juga meningkat.

Diterbitkan

2019-11-29

Cara Mengutip

Sari, M. P., Muttaqiin, A., Evita Putri, R., & Oktavia, R. (2019). Pembuatan Kit Penyaringan Air Sederhana Bagi Siswa SMP Kota Padang Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Ketersediaan Air Bersih Bagi Masyarakat. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.24036/semesta/vol2-iss2/53

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3