Profil Kreatifitas dan Minat Calon Guru IPA pada Mata Kuliah IPA Terpadu Kelas 7

Penulis

  • Arief Muttaqiin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/semesta/vol1-iss2/26

Kata Kunci:

kreativitas, minat belajar, IPA Terpadu

Abstrak

Kreatifitas merupakan salah satu jenis keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal untuk diterapkan di dunia kerja. Selain itu, minat peserta didik dalam belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, termasuk kreatifitas. Penelitian ini mengungkapkan profil kreatifitas dan minat calon guru IPA pada mata kuliah IPA Terpadu Kelas 7. Sebanyak 35 peserta didik yang merupakan calon guru IPA digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Nilai kreatifitas yang dijaring melalui poster memiliki rata-rata kelas sebesar 77,08, sementara minat belajar peserta didik pada topik penelitian ini berada pada nilai 83,81. Dilakukan uji korelasi non parametrik yang menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan kreatifitas calon guru IPA. Kreatifitas merupakan keterampilan yang perlu dilatihkan secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu caranya adalah dengan melatih peserta didik dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang merangsang minat belajar peserta didik.

Diterbitkan

2018-12-05

Cara Mengutip

Muttaqiin, A. (2018). Profil Kreatifitas dan Minat Calon Guru IPA pada Mata Kuliah IPA Terpadu Kelas 7. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 1(2), 5–10. https://doi.org/10.24036/semesta/vol1-iss2/26

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2