PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

  • soraya yaya anori Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA terhadap penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experiment dengan desain the one group pretest-postest. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 35 orang siswa kelas VIII pada tahun pelajaran 2014/2015 di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bandung Barat. Pembelajaran diterapkan pada tema Cahaya. Penguasaan konsep siswa diukur dengan menggunakan soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik non-parametrik yaitu Chi-Square Test. Hasil analisis data menunjukkan signifikansi (0,00) < α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA terhadap penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP.

Published
2020-06-20
How to Cite
ANORI, soraya yaya. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-36, june 2020. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/91>. Date accessed: 29 apr. 2024.