Pengembangan LKS Berbasis Model Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis Untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA

  • Wahyu Diana Ikbal Universitas Negeri Padang

Abstract

Fisika adalah salah satu mata pelajaran pada jenjang pendidikan  menengah. Pembelajaran fisika dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013.  Ciri khas dari Kurikulum 2013 salah satunya adalah pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kenyataan disekolah menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam pendekatan saintifik belum dilaksanakan secara sempurna,  masih terbatasnya bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran, dan rata-rata hasil belajar siswa  rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat LKS berbasis model concept attainment. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari LKS berbasis model concept attainment pada materi momentum, impuls dan getaran harmonis.    Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model conceptual attainment yang diuji cobakan kepada siswa kelas X SMAN 4 Pariaman. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji  validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk dan analisis praktikalitas produk.Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, validitas produk memiliki tingkat validitas tinggi dengan nilai rata-rata  81,7 dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas LKS berbasis model conceptual attainment menurut respon siswa yaitu 82,3 dengan kriteria sangat praktis.

Published
2018-12-05
How to Cite
IKBAL, Wahyu Diana. Pengembangan LKS Berbasis Model Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis Untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 39-48, dec. 2018. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/32>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v1i2.32.
Section
Articles