Studi Pendahuluan Workshop Rancangan Pembelajaran IPA Terpadu Bermuatan Mind Mapping

  • Renol Afrizon Universitas Negeri Padang

Abstract

Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP/MTs Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman masih belum optimal dalam mengajarkan IPA terpadu di sekolah. Hal ini disebabkan karena latar belakang pendidikan guru IPA bukan berasal dari pendidikan IPA melainkan dari jurusan fisika dan biologi. Belum terpadunya latar belakang pendidikan ini mengakibatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA Terpadu di kelas belum optimal. Belum optimalnya penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional guru menimbulkan kesulitan tersendiri bagi guru dalam mengaitkan materi IPA secara terpadu sehingga berdampak pada kompetensi siswa. Pemberian workshop rancangan pembelajaran IPA Terpadu dijadikan sebagai solusi yang diharapkan dapat memotivasi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi awal guru sehingga pelaksanaan workshop sesuai dengan kebutuhan guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner menggunakan skala Guttman. Pengumpulan data yang dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2018 sebelum kegiatan workshop dimulai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa guru-guru IPA SMP Kabupaten Pariaman dan Kota Pariaman masih mengalami kesulitan materi IPA terpadu meskipun sebagian besar pernah ikut pendalaman materi IPA. Guru-guru IPA pernah merancang mind mapping IPA terpadu yang sebagian besar diantaranya memiliki kendala dalam merancang mind mapping. Selain itu,  guru-guru IPA juga sudah mencoba untuk merancang pembelajaran IPA secara terpadu tetapi memiliki kendala dalam merancang pembelajaran IPA terpadu Oleh karena itu, hasil analisis kondisi awal ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pemberian workshop rancangan pembelajaran IPA Terpadu bermuatan mind mapping sehingga dapat digunakan sebagai rujukan dalam pelaksanaan workshop

Published
2018-12-05
How to Cite
AFRIZON, Renol. Studi Pendahuluan Workshop Rancangan Pembelajaran IPA Terpadu Bermuatan Mind Mapping. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 26-31, dec. 2018. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/30>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v1i2.30.
Section
Articles