Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Panduan Tertulis Penggunaan Perangkat Lunak di Universitas Negeri Padang

  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang

Abstract

Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir berpengaruh terhadap keseluruhan aspek kehidupan. Perkembangan tersebut tentu saja masuk ke ranah pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi selain untuk membentuk mahasiswa dan lulusan yang memiliki kompetensi konten ilmu, tapi juga membentuk mahasiswa dan lulusan yang memiliki kemampuan berdaya saing tinggi. Kemampuan ini ditandai dengan skill dalam penggunaan teknologi. Program Studi Pendidikan Biologi adalah salah satu dari banyak Program Studi yang ada di Universitas Negeri Padang. Lulusan dari Program Studi ini adalah guru yang seharusnya memiliki skill untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga, dosen diminta untuk membekali mahasiswa calon guru dengan ilmu terapan penggunaan teknologi, misalnya penggunaan perangkat lunak dalam pembelajaran. Sehingga sangat dibutuhkan panduan untuk menjadikan hal ini berhasil. Kami telah menganalisis secara ilmiah tentang tingkat kebutuhan mahasiswa di Jurusan Biologi terhadap buku panduan penggunaan perangkat lunak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap produk yang Kami kembangkan. Manfaat informatif yang Kami dapatkan dari penelitian ini menjadi dasar untuk pengembangan produk selanjutnya. Kami menyimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan panduan tertulis, seperti buku, untuk menggunakan perangkat lunak dalam pembelajaran.

Published
2018-12-05
How to Cite
YOGICA, Relsas. Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Panduan Tertulis Penggunaan Perangkat Lunak di Universitas Negeri Padang. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 19-25, dec. 2018. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/29>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v1i2.29.
Section
Articles