Implementasi Literasi Sains Framework PISA 2015 melalui Lesson Study Dalam Pembelajaran IPA di SMP: Plan; Do; See

  • Aristo Hardinata Universitas Negeri Padang

Abstract

Telah Dilaksanakan penelitian pendidikan untuk melihat penerapan literasi sains framework PISA 2015 melalui Lesson Study pada pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Penerapan ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran berbasis literasi sains dengan mengacu pada framework PISA 2015 sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan sikap literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel ditetapkan dengan cara purposive sampling, yakni sampling disesuiakan dengan kebutuhan peneliti yaitu salah satu kelas di SMPN 25 Kota Padang yang sedang mempelajari IPA oleh guru-guru yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan Lesson Study pada tahun-tahun sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara dan instrumen observasi pada tahap Lesson Study. Data yang diperoleh kemudian di analisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian berupa deskripsi tentang pelaksanaan masing-masing tahapan Lesson Study yakni tahapan plan, do, dan, see.

Published
2018-12-05
How to Cite
HARDINATA, Aristo. Implementasi Literasi Sains Framework PISA 2015 melalui Lesson Study Dalam Pembelajaran IPA di SMP: Plan; Do; See. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 12-18, dec. 2018. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/28>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v1i2.28.
Section
Articles