Respon Guru dalam Workshop Peningkatan Kemampuan Guru IPA SMP/ MTs Se-Kabupaten Pasaman dalam Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik untuk Mendukung Kegiatan Praktikum di Laboratorium

  • Arief Muttaqiin Universitas Negeri Padang

Abstract

Respon guru merupakan salah satu aspek penting setelah suatu kegiatan berupa pelatihan selesai dilaksanakan, karena akan mempengaruhi hasil atau output. Sampel yang diambil adalah sebanyak 17 orang guru IPA se-kabupaten Pasaman dan kegiatan diadakan di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping, Sumatera Barat. Berdasarkan data yang telah berhasil kita himpun, respon guru terhadap kegiatan ini sangat beragam. Respon tertinggi yang diberikan pada kategori baik (efektifitas penggunaan waktu pelatihan), sedangkan kategori sangat baik tertinggi berada di aspek penguasaan materi pelatihan. Dengan adanya data berupa respon guru ini, diharapkan akan memperbaiki kualitas pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat selanjutnya.

Published
2018-12-05
How to Cite
MUTTAQIIN, Arief. Respon Guru dalam Workshop Peningkatan Kemampuan Guru IPA SMP/ MTs Se-Kabupaten Pasaman dalam Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik untuk Mendukung Kegiatan Praktikum di Laboratorium. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 11-14, dec. 2018. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/27>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v1i2.27.
Section
Articles