ANALYSIS OF STUDENT NEEDS FOR TEACHING MATERIALS BASED ON INTEGRATED ANDROID APPLICATIONS WITH DISASTER MITIGATION THEMES IN MIDDLE SCHOOL SCIENCE LEARNING

  • Putri Reuni
  • Muhyiatul Fadilah
  • Skunda Diliarosta
  • Aulia Azhar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan melihat kebutuhan siswa terhadap bahan ajar berbasis aplikasi Android terintegrasi untuk mitigasi bencana. Metode deskriptif dalam penelitian digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah satu orang guru IPA yang mengajar di kelas VII dan 31 siswa yang diambil secara acak (random sampling) di SMP N 32 Padang. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien serta dapat terjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa. , (2) Perlu menggunakan media pembelajaran berupa buku digital. untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA, (3) Pembelajaran dari kehidupan sehari-hari melalui pendidikan mitigasi bencana perlu diterapkan, karena dapat meningkatkan kesadaran dan dapat meningkatkan kewaspadaan siswa mengenai penanggulangan bencana sejak dini, dan (4) Media pembelajaran IPA dapat diperkuat dengan muatan kebencanaan sebagai upaya menyebarkan pesan mitigasi bencana, agar tercipta karakter kesiapsiagaan menghadapi bencana, karena siswa masih minim pengetahuan tentang mitigasi bencana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis aplikasi Android yang terintegrasi dengan mitigasi bencana diperlukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran dan dapat mengasah kesiapsiagaan siswa dalam mengatasi bencana.

Published
2023-12-31
How to Cite
REUNI, Putri et al. ANALYSIS OF STUDENT NEEDS FOR TEACHING MATERIALS BASED ON INTEGRATED ANDROID APPLICATIONS WITH DISASTER MITIGATION THEMES IN MIDDLE SCHOOL SCIENCE LEARNING. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 34-40, dec. 2023. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/203>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/semesta.v6i2.203.