EFFORTS TO IMPROVE TEACHER QUALITY THROUGH ACADEMIC SUPERVISION AT MTsN SOLOK

  • Marion Marion MTsN Kota Solok

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam dunia pendidikan. Karena pendidikan adalah proses merubah manusia menjadi lebih baik, lebih mahir dan lebih terampil. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan strategi yang disebut dengan strategi pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran terkandung tiga hal pokok yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, semua itu akan tergambar dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Sehingga konsep materi yang akan dicapai dapat tersampai sesuai dengan harapan kurikulum. Karena silabus merupakan rambu – rambu yang akan memberikan arah tentang apa saja yang harus dicapai guna menggapai tujuan pembelajaran dan cara seperti apa yang akan digunakan. Selain itu silabus juga memuat teknik penilaian seperti apa untuk menguji sejauh mana keberhasilan pembelajaran. Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah instrument perencanaan yang lebih spesifik dari silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dibuat untuk memandu guru dalam mengajar agar tidak melebar jauh dari tujuan pembelajaran.


Oleh karena itu kepala sekolah sebagai manajerial dalam sebuah instansi pendidkan perlu melakukan supervise terhadap perangkat pembelajaran guru. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang tertuang didalam RPP.

Published
2021-12-20
How to Cite
MARION, Marion. EFFORTS TO IMPROVE TEACHER QUALITY THROUGH ACADEMIC SUPERVISION AT MTsN SOLOK. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 149-155, dec. 2021. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/164>. Date accessed: 08 may 2024.