THE IMPLEMENTATION OF STEM-BASED APPROACH TO INCREASE STUDENTS SCIENCE LEARNING ACTIVITY ON 8TH GRADE STUDENTS MTSN SOLOK

  • Yetti Laswita Putri MTsN Kota Solok

Abstract

Pembelajaran IPA cenderung dekat dengan kehidupan nyata, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dalam memahami konsep – konsep materi yang ada, maka dari itu pembelajaran IPA akan lebih menarik lagi jika disandingkan bersamaan dengan perkembangan teknologi. Apalagi pada saat ini peserta didik lebih cepat akrab dengan teknologi, sehingga kita sering mengistilahkan generasi milenial, dimana dalam kehidupannya tanpa hari tanpa hp.Maka dari itu pembelajaran memang harus disiapkan sesuai dengan perkembangan zaman peserta didik  dalam menyongsong abad 21, sehingga pembelajaran IPA diharapkan dapat mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis dan strategis sehingga mampu melatih peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, komunikatif dan bertanggung jawab. Oleh karena itu pembelajaran berbasis STEM ( Sains Teknology Enjinering Mathematic ) sangat tepat jika digunakan dalam proses pembelajaran karena memiliki karakteristik pembelajaran abad 21 yaitu Science, Teknology, enginering and Mathematic, sehingga akan memberi dampak terhadap berbagai bidang kehidupan. dimana proses pendidikan dituntut untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat memproses informasi tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kenyataan.

Published
2021-06-22
How to Cite
PUTRI, Yetti Laswita. THE IMPLEMENTATION OF STEM-BASED APPROACH TO INCREASE STUDENTS SCIENCE LEARNING ACTIVITY ON 8TH GRADE STUDENTS MTSN SOLOK. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 78-86, june 2021. ISSN 2598-1951. Available at: <http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/159>. Date accessed: 05 may 2024.